Selasa, 11 Agustus 2009

Nanny 911

Luar biasa buku ini. Mengagumkan!!! Bagi para pembaca yang pernah menyaksikan acara Nanny 911 di Metro TV tiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 – 17.00, tentu tidak asing lagi dengan gaya mereka mengatur kembali masalah yang sudah berurat dan berakar di dalam keluarga. Gaya mereka sebagian mencerminkan banyak hal terutama dalam metode Applied Behaviour Analysis (ABA). Mereka meng-observasi sebuah keluarga pada hari pertama dan mencatat masalah yang timbul dalam keluarga tersebut lalu mencari alternative solusi dalam tiap masalah.
Selama tujuh hari mereka berada di dalam suatu keluarga dan tiap masalah bisa dicari solusinya. Tidak lupa mereka menganalisa penyebab dari setiap perilaku anak yang kurang baik, bahkan ada beberapa orang tua yang mendapat teguran dari Nanny untuk memperbaiki perilaku dan kebiasaan mereka, yang dianggap menjadi contoh dalam keseharian anak.
Head Nanny Lilian Spelling adalah seorang nanny sejak tahun 1958. Ia berasal dari Inggris. Setelah anak-anaknya dewasa, ia memutuskan untuk berbagi hal kepada keluarga lain. Ia turut berangkat ke Amerika dengan salah satu keluarga. Sekarang ini ia sudah hampir berumur 80 tahun dan masih suka merawat bayi dan balita. Pengalamannya selama lebih dari 40 tahun dibagikan kepada pemonton TV dan sekarang dibagikan kepada kita sebagai pembaca.

Deborah dan Stella adalah nanny professional yang menjawab berbagai pertanyaan dan isu yang dihadapi orang tua. Mereka memiliki skill, pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Namun kombinasi dari mereka berdua dalam buku ini telah membawa suatu pencerahan dalam setiap masalah yang dihadapi dalam keluarga.

Orang tua yang marah, frustrasi, sering menghindar kehabisan akal, berantakan, mencari alasan, bersuara keras, terlalu kritis, meremehkan, bertentangan satu sama lain. Teknik dasar bicara pada anak usia 2 tahun berbeda dengan usia 4 tahun atau 7 tahun. Jadi buku ini merupakan pedoman buat semua orang tua untuk menyelenggarakan sebuah pendekatan kepada setiap anggota keluarga, sehingga terciptalah sebuah atmosfer yang sehat dan nyaman buat orang-orang di dalamnya. Bukan saja untuk keluarga yang memiliki anak biasa, tetapi sangat berguna untuk keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus, karena lebih banyak variasi warna yang menghiasi keseharian kita.

Menghentikan rengekan, memberikan aturan rumah, aturan time out, pembicaraan setelah time out, waktu untuk pekerjaan rumah, masalah di meja makan, masalah menjelang tidur, masalah bangun tidur, waktu bicara tiap anak, berbagi, berbohong, berpakaian, bertingkah laku buruk kalau kalah, empeng, dll. Semuanya dibahas di sini dengan contoh kasus bahkan foto yang sangat membuat kita menjadi lebih mengerti gambaran dari suatu masalah.

Pernahkah kita membaca sebuah buku, yang tidak pernah ingin kita lepaskan,tidak ingin kita tutup sebelum menyelesaikan bab yang dibaca? Inilah buku tersebut.

0 komentar: